Sudah tak terhitung berapa kali armada darat itu mengalami kecelakaan. Entah sudah berapa banyak nyawa yg melayang bersama PO fenomenal ini. Tapi tetap saja bus-busnya menjadi idola para pelaju Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Para pelanggannya sepertinya tak pernah surut. Mungkin libur sebentar ketika satu dua busnya celaka dan menewaskan para kru dan penumpangnya. Saya bilang libur sebentar, karena hari-hari berikutnya jumlah penumpangnya kembali seperti sedia kala.
Kemarin kami membahas teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow. Entah bagaimana awalnya, kelas metodologi penelitian kami tetiba ngobrol tentang lima lapis kebutuhan dasar manusia berbentuk piramida ini. Kebutuhan yang berawal dari kebutuhan fisiologis, kebutuhan akan rasa aman, berlanjut pada kebutuhan kasih sayang, lalu kebutuhan untuk dihargai dan pada puncak piramida diduduki oleh kebutuhan aktualisasi diri. Pembicaraan berfokus agak lama pada lapis kebutuhan kedua, kebutuhan akan rasa aman. Kebutuhan diakhir pembicaraan kami simpulkan sebagai kebutuhan yg tidak (terlalu) dibutuhkan di negara kita.
Bagamana tidak, di lapangan kerap ditemui para pekerja yg menolak menggunakan seperangkat alat keamanan dengan alasan-alasan yg unik dan luar biasa. Seorang rekan yg bekerja sebagai supervisor sebuah proyek geleng-geleng kepala ketika menghadapi para pekerjanya yg berdalih tidak nyaman dan merasa terhambat kinerjanya jika mereka memakai helm, rompi, kaos tangan dan sepatu berstandar keamanan. Pun jika terjadi kecelakaan kerja, yg keluar dari mulut mereka adalah pemakluman-pemakluman yg enteng saja diucap.
"Kalau sudah waktunya celaka, pake helm pun pasti celaka juga, Pak!"
Perkataan ini memang tidak seratus persen salah, tapi tak seratus persen (bisa di) benar (kan). Sedetik lalu bahkan pernyataan ini terasa sangat relijius karena seolah-olah menekankan penyerahan diri pada semua keputusanNya. Tapi buat saya, perkataan ini adalah pernyataan yg menantang kehendak Tuhan. Rasul-Nya saja mencontohkan untuk mengikat unta sebelum meninggalkannya diparkiran. Ini artinya berikhtiar sebelum bertawakkal adalah sebuah keharusan. Jadi mengusahakan keselamatan diri adalah wajib hukumnya sebelum bismillahi tawaakaltu.
Lalu apa benar para penumpang itu tak butuh selamat? Survei kecil-kecilan dilakukan kepada para penumpang perusahaan otobus Sumber Sembrono. Ditanyakan alasan mereka kenapa mereka tetap setia memakai bus itu padahal terkenal sering setor nyowo.
Top survey diduduki oleh jawaban cepat sampainya mereka ke tempat tujuan. Di Jawa Timur dan Tengah, bus ini memang terkenal paling cepat mengantarkan penumpangnya ke destinasi dimau. Berbagai macam cara mereka ambil agar waktu tempuh bisa ditekan seminimal mungkin. Tidak peduli harus mengambil jalur berlawanan, memanfaatkan bahu jalan atau menerobos semak belukar, asalkan bus sampai di tempat tujuan. Sampai ditempat tujuan dengan selamat? Saya kok tak begitu yakin.
Lalu di taruh mana alasan keselamatan? Dia "hanya" berada di tempat ketiga setelah kenyamanan. Ditarik kesimpulan, bahwa penumpang PO yang sekarang bernama Sumber Slumun ini tak terlalu peduli dengan keselamatan mereka, asal supir bisa mengantar mereka dengan cepat dan dalam keadaan nyaman alias tetap dingin dalam ruang ber-air conditioner.
Betapa orang-orang kita begitu tak menghargai keselamatan dirinya (apalagi orang lain) ini juga tercermin dalam banyak pernyataan yg kita temui dalam percakapan sehari-hari. Jika Anda mendengar template pernyataan ini ketika sedang membicarakan musibah,
"Kalau sudah apes meskipun jalan pelan dan berhati-hati ya tetap saja mati.",
atau ini kalimat ini,
"Meski pake helm mahal kalo sudah ditakdirkan mati, ya mati. Kalau belum ditakdirkan mati naik motor pake kopyah aja ya pasti selamat!",
berarti Anda masih di dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Atau sedang berbincang dengan salah satu warga negaranya.
Yang saya heran, meski telah merenggut banyak nyawa PO ini tak jua dilarang beroperasi. Entah pembenaran apa yg dijadikan pegangan oleh pemegang kebijakan sehingga mereka masih boleh beredar dan mengantar jemput penumpang seperti biasa. Kru masih sama, warna kendaraan tak berbeda, kelakuan masih sama, hanya sedikit perubahan pada nama dan mereka masih bebas bertugas di terminal-terminal.
Lalu bagaimana dengan Singa Air? Karena alasan suasana duka yg belum sirna, maka saya putuskan untuk tidak membahasnya. Tapi saya yakin Anda paham ke mana arah pembicaraan jika saya tetap membahasnya.
Lalu apa kesimpulan dari tulisan ini? Satu, perlu diterbitkan edisi revisi untuk buku-buku yg memuat teori hierarki lima kebutuhan dasar manusia menurut Abraham Maslow. Karena di sini, keselamatan bukanlah sebuah kebutuhan dan ketidakselamatan adalah sebuah kemakluman. Dua, pelanggan setia tak akan lari meskipun telah terjadi insiden yg menyangkut hilangnya nyawa. Karena penumpang di sini mudah memaafkan, gampang melupakan dan terbiasa memaklumi.
Demikian, harap maklum.
Comments
Post a Comment